Kamis, 25 Oktober 2012

Evolusi Hindu


QUESTION:
Mohon penjelasan mengenai 1) Manu, 2) Apakah Hindu mengenal evolusi?
    ANSWER:
    1. ‘Manu’ diciptakan oleh Hyang Widhi dari pikiran-Nya (Swayambhu/ lahir sendiri) bersumber dari unsur-unsur semesta yang disebut sebagai Bhuwana Agung, yaitu unsur-unsur: Apah (air), Pertiwi (tanah), Bayu (udara), Teja (matahari), dan Akasa (angkasa/ ether).
    Oleh karena itu maka tubuh manusia juga dinamakan sebagai Bhuwana Alit, di mana unsur Pertiwi adalah daging dan tulang, unsur Apah adalah darah, air kencing dan kelenjar-kelanjar, Bayu adalah paru-paru, Teja adalah suhu badan dan sinar mata, dan Akasa adalah urat syaraf, rambut, kuku, dan sembilan buah lobang dalam tubuh manusia.
    Dari Manu terciptalah sepuluh Maha Rsi yang menjadi pemimpin mahluk hidup, yaitu: Marici, Atri, Angira, Pulestya, Pulaha, Kratu, Praceta, Wasistha, Bhrgu, dan Narada. Seterusnya terciptalah manusia biasa yang berkembang biak dari perkawinan-perkawinan.
    2. Evolusi Agama Hindu telah terjadi sepanjang usia semesta, sejak Weda diwahyukan oleh Hyang Widhi kepada ‘Sapta Maha Rsi’. Evolusi itu berlangsung melalui kurun waktu yang panjang, antara lain dengan adanya berbagai Sekte dalam Agama Hindu.
    Di India, Hindu juga berevolusi ketika Agama-Agama Budha, Islam, dan Kristen mempengaruhi, terlihat misalnya dari bentuk-bentuk Pura yang berkubah, menyerupai Mesjid, Gereja atau Kuil Budha.
    Di Nepal, bentuk Pura lebih mirip seperti di Bali, di alam terbuka, dan tidak dalam bentuk kubah. Selain itu di India, penganut Hindu yang menerima sebagian ajaran Islam disebut ber-’Agama’: Jain.
    Di Indonesia, Hindu sekte Siwa Siddhanta dari Madya Pradesh (India Tengah) yang dikembangkan oleh Maha Rsi Agastya, telah berevolusi menjadi Hindu dengan ciri khas seperti yang ditemukan di Bali, karena telah mengambil kepercayaan-kepercayaan local genius, misalnya kepercayaan: Trimurti, Tri Purusha, Dewata Nawa Sanggha, dll.

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Terimakasih Atas Kunjungannya, Kami berharap Saudara meninggalkan sedikit kata Untuk Kemajuan Blog ini. Ini semua Untuk Bali, mari bersama Menjaga dan melestarikan Bali yang senantiasa indah dan Damai.

    Posting Lama Beranda

    INFO PENTING

    Kami sampaikan kepada semua pengunjung TNBA Blog, bahwa Kami disini bukanlah Pencipta Artikel ataupun Uploder, kami hanyalah Finder Artikel dan Juga Link - link terkait yang kami Posting. Admin adalah BLOGER Baru yang berasal dari PULAU DEWATA dengan Tujuan mulia untuk membantu Masyarakat untuk menemukan Artikel-artikel yang diinginkan dengan Mudah tanpa mengambil keuntungan dari semua Postingannya.

    Salah satu Sumber kami :
    1. www.parisada.org
    2. singaraja.wordpress.com
    3. piswayang.blogspot.com
    4. www.stitidharma.org

    Trima kasih atas perhatiannya

    Admin

    Bisnis Online

    BALI

    =====BALI=====

    Bali adalah Pulau yang sering disebut dengan Pulau Seribu Pura, ini semua karena memang di Pulau ini memiliki banyak sekali Bangunan Pura Yang Megah di Setiap Lokasi di Setiap Desanya. Hal ini tidak terlepas dari Mayoritas penduduknya menganut Agama Hindu,,Hhhhmmmmmm kalau saya Bahas Bali disini akan sangat panjang, Kalau Agan2 Mau tau Bali seperti apa,,.??? Baca Postingan dari "TIANG NAK BALI AGA", temukan Informasi tentang Bali disini.

    Suksma

    Kategori

    Blog Archive

    Diberdayakan oleh Blogger.
     

    Translate Here

    English French German Spain Italian Dutch

    Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
    Translate Widget by Google

    Kunjungan

    Followers

     

    Visitors

    free counters

    Templates by Nano Yulianto | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger