BALI DAN BANTEN:
Mendalami Ajaran Yoga Dalam Upakara
Mendalami Ajaran Yoga Dalam Upakara
Sarana
upacara adalah upakara. Di Bali upakara dipopulerkan dengan istilah
banten, sedangkan di India, upakara disebut wedya. Istilah wedya
sebenarnya juga terdapat di dalam pustaka agama Hindu di Bali yang juga
berarti banten. Upakara atau banten merupakan perwujudan dan ajaran
bhakti marga dan karma marga.
Kata upakara terdiri atas dua kata
yaitu upa yang berarti sekeliling atau sesuatu yang berhubungan dengan,
dan kara artinya tangan. Jadi upakara berarti segala sesuatu yang dibuat
oleh tangan, dengan lain perkataan suatu sarana persembahan yang
berasal dan jerih payah bekerja.
Banten juga disebut wali. Maka
upacara Dewa yadnya disebut juga pujawali. Kata wali mengandung
pengertian: wali berarti wakil dan wali berarti kembali. Wali yang
berarti wakil mengandung makna simbolis filosofis bahwa banten itu
merupakan wakil daripada isi alam semesta yang diciptakan oleh Sang
Hyang Widhi. Wali yang berarti kembali mengandung makna bahwa segala
yang ada di alam semesta ini yang diciptakan oleh Sang Hyang Widhi
dipersembahkan kembali oleh manusia kepadaNya sebgai pernyataan rasa
terimakasih. Banten juga berarti bali. Bali dalam bahasa Sansekerta
berarti persembahan kepada bhuta, sehingga bhuta yadnya disebut sebagai
bali harana atau bali karmana.
Banten memiliki banyak jenis dan
bentuk serta bermacam-macam bahan. Secara sepintas banten kelihatannya
unik dan rumit. Namun apabila diselidiki secara mendalam aka dapat
dipahami bahwa banten mengandung arti simbolik dan filosofis yang tinggi
serta terpadu dengan seni rupadanseniriasyangmengagumkan.
Faktor
seni dalam banten mempunyai arti penting karena dapat menuntun fikiran
yang penuh rasa bahagia dalam menuju Hyang Widhi. Oleh karena itu faktor
seni dalam keagamaan adalah positif karena berperan sebagai penunjang
pelaksnaan upacara agania untuk memekarkan rasa serta meningkatkan
kemantapan perasaan.
Meskipun bahan banten terdiri dan bermacam-macam, namun prinsipnya bahan banten itu terdiri dari unsur isi alam, yaitu:
1. Mataya,
adalah bahan banten yang berasal dari sesuatu yang tumbuh atau
tumbuh-tumbuhan seperti daun, bunga, buah dan sebagainya.
2. Maharya, adalah bahan banten yang berasal dari sesuatu yang lahir, diwakili oleh binatang-binatang tertentu seperti kerbau, kambing, sapi dan sebagainya.
3. Mantiga, adalah bahan banten yang berasal dari yang lahir dari telor, termasuk telor itu sendiri seperti ayam, itik, angsa, telor ayam, telor itik, telor angsa dan sebagainya.
4. Logam atau datu seperti perak, tembaga, besi, mas, timah (panca datu).
5. Air atau cairan. Ada lima macam cairan atau air yang dipakai banten yaitu:
a. Air yang berasal dari jasad atau sarira, diwakili dengan empehan atau susu.
b. Air yang berasal dari buah-buahan, diwakili dengan berem.
c. Air yang berasal dari uap atau kukus diwakili dengan arak.
d. Air yang berasal dari sari bunga diwakili dengan madu
e. Air yang berasal dari tanah atau bumi diwakili oleh air hening. Kelima zat cair ini disebut panca amerta.
2. Maharya, adalah bahan banten yang berasal dari sesuatu yang lahir, diwakili oleh binatang-binatang tertentu seperti kerbau, kambing, sapi dan sebagainya.
3. Mantiga, adalah bahan banten yang berasal dari yang lahir dari telor, termasuk telor itu sendiri seperti ayam, itik, angsa, telor ayam, telor itik, telor angsa dan sebagainya.
4. Logam atau datu seperti perak, tembaga, besi, mas, timah (panca datu).
5. Air atau cairan. Ada lima macam cairan atau air yang dipakai banten yaitu:
a. Air yang berasal dari jasad atau sarira, diwakili dengan empehan atau susu.
b. Air yang berasal dari buah-buahan, diwakili dengan berem.
c. Air yang berasal dari uap atau kukus diwakili dengan arak.
d. Air yang berasal dari sari bunga diwakili dengan madu
e. Air yang berasal dari tanah atau bumi diwakili oleh air hening. Kelima zat cair ini disebut panca amerta.
6. Api dalam wujud dupa dan dipa
7. Angin dalam wujud asap yang harum
7. Angin dalam wujud asap yang harum
Inilah isi dalam ciptaan Ida Sang Hyang Widhi yang dipersembahkan kembali kepada Beliau.
Ajaran agama Hindu meliputi sesuatu yang lahiriah dan batiniah serta dapat dilaksanakan secara individual dan kolektif. Sifat ajarannya adalah luwes dan elastis. Keluwesannya dinyatakan dengan istilah desa, kala, patra yang artinya agama Hindu dapat dilaksanakan menurut tempat waktu dan keadaan. Sifat elastis memberikan peluang pelaksanaan agama Hindu menyesuaikan diri dengan peningkatan teknologi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemajuan jaman serta situasi ekonomi dan zaman ke zaman. Adanya sifat luwes dan elastis itu karena Weda sebagai sumber ajaran agama Hindu bersifat mengatasi ruang dan waktu.
Ajaran agama Hindu meliputi sesuatu yang lahiriah dan batiniah serta dapat dilaksanakan secara individual dan kolektif. Sifat ajarannya adalah luwes dan elastis. Keluwesannya dinyatakan dengan istilah desa, kala, patra yang artinya agama Hindu dapat dilaksanakan menurut tempat waktu dan keadaan. Sifat elastis memberikan peluang pelaksanaan agama Hindu menyesuaikan diri dengan peningkatan teknologi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemajuan jaman serta situasi ekonomi dan zaman ke zaman. Adanya sifat luwes dan elastis itu karena Weda sebagai sumber ajaran agama Hindu bersifat mengatasi ruang dan waktu.
Di dalam kaitannya
dengan upakara dan upacara agama Hindu, sifat luwes dan elastis itu
selain berlandaskan desa, kala dan patra, namun juga dapat dilaksanakan
menurut tingkatan kanista, madya dan utama. Kanista berarti sesuatu yang
menjadi prinsip di dalam upacara dan upakara itu yang harus ada. Madya
adalah pengembangan dari prinsip tersebut sehingga menjadi lebih besar
dari kanista. Utama adalah pengembangan dan penambahan dari madya
sehingga tampak menjadi lebih besar dari tingkatan madya. Apabila yang
prinsip dilaksanakan, maka upacara dan upakara itu sudah benar menurut
ajaran agama Hindu. Apabila melaksanakan yang madya atau utama tetapi
tidak memperhatikan yang prinsip itu, maka upacara dan upakara itu tidak
mengenai sasaran yang dituju.
Ada tiga hal yang seimbang di
dalam melakukan upacara atau yadnya yaitu: Upacara, upakara dan
pujamantra yang digunakan oleh Pedanda dalam memimpin upacara. Apabila
ketiganya tidak seimbang, maka akan terjadilah ketimpangan dalam
pelaksanaan upacara agama. Selain itu harus diciptakan kemanunggalan
trimanggalaning yadnya yaitu : orang yang beryadnya, wiku tapini atau
tukang banten dan Pedanda yang muput upacara tersebut.
Seni budaya
merupakan penunjang sarana upacara. Berbagai kesenian berperan dalam
menurijang upacara seperti : seni rias yang dipancarkan oleh bentuk
banten, seni suara berupa kidung kakawin atau lagu-lagu pujaan, seni
tari berupa seni sakral dan seni wali, seni tabuh berupa gamelan, serta
aturan busana upacara agama. Dengan adanyan seni budaya yang menunjang
upakara dan upacara maka upacara tersebut menjadi begitu meriah dan
memberikan rasa bahagia. Seni budaya tersebut sesungguhnya bukan seni
melulu, melainkan suatu seni yang mengandung makna simbolis tertentu dan
membungkus ajaran tattwa agama.
Hadirnya banten dalam tradisi Hindu di Bali sesungguhnya melewati perjalanan sejarah yang panjang. Di dalam kitab Yajur Weda dapat diketahui adanya persembahan yang dihaturkan kepada Dewa sebagai manifestasi dan Brahman berupa gandam, ksatam, puspam, dupam, dipam, toyam, gretam dan soma. Sesuai dengan namanya sendiri bahwa Yajur Weda artinya pengetahuan yang digunakan untuk persembahan. Materi persembahan dalam Yajur Weda tersebut kita lihat sekarang dalam bentuk tetandingan banten. Memang dalam kitab Yajur Weda belum disebutkan binatang sebagai persembahan.
Hadirnya banten dalam tradisi Hindu di Bali sesungguhnya melewati perjalanan sejarah yang panjang. Di dalam kitab Yajur Weda dapat diketahui adanya persembahan yang dihaturkan kepada Dewa sebagai manifestasi dan Brahman berupa gandam, ksatam, puspam, dupam, dipam, toyam, gretam dan soma. Sesuai dengan namanya sendiri bahwa Yajur Weda artinya pengetahuan yang digunakan untuk persembahan. Materi persembahan dalam Yajur Weda tersebut kita lihat sekarang dalam bentuk tetandingan banten. Memang dalam kitab Yajur Weda belum disebutkan binatang sebagai persembahan.
Selanjutnya
apabila kita mendalami konsepsi tantrayana yang juga berpengruh di Bali
kita mengetahui adanya konsep panca tattwa terdiri atas matsya, mamsa,
madhya, maithuna dan mudra. Matsya yaitu ikan, mamsa adalah daging,
madhya adalah minuman, maithuna adalah penyatuan pikiran atau samyoga,
dan mudra adalah sikap tangan yang mengandung kekuatan gaib. Ajaran
tantra adalah ajaran yang sangat kompleks serta dalam. Pada intinya
tantrayana mengajarkan suatu keharmonisan antara sekala dengan niskala
atau wahya dan dhyatmika.
Di samping ajaran Weda dan Tantrayana, alam pikiran lokal juga melandasi adanya banten yang dikemas dalam simbol-simbol pengharapan manusia terhadap sesuatu. Hal ini sangat tampak dalam upacara pitra yadnya, manusa yadnya dan bhuta yadnya. Alam pikiran lokal itu ditunjang oleh berbagai kreasi imat Hindu setempat sebagai perwujudan rasa indah dalam memuja Hyang Widhi dan para arwah leluhur. Konsepsi Weda, tantrayana yang berasal dan India serta alam pikiran lokal sebagai budava ash Indonesia, ketiganya terpadu dan luluh secara harmonis menjadi satu yang diwujudkan dalam bentuk-bentuk banten sekarang. Itulah sebabnya banten di Bali memancarkan nilai keindahan penuh makna simbolis dan sangat unik. Sistem seperti itu meresapi pula kehidupan sosial budaya dan agama Hindu di Bali sehingga menciptakan suatu tatanan kehidupan masyarakat umat Hindu yang mencakup tata kemasyarakatan dan tata keagamaan.
Di samping ajaran Weda dan Tantrayana, alam pikiran lokal juga melandasi adanya banten yang dikemas dalam simbol-simbol pengharapan manusia terhadap sesuatu. Hal ini sangat tampak dalam upacara pitra yadnya, manusa yadnya dan bhuta yadnya. Alam pikiran lokal itu ditunjang oleh berbagai kreasi imat Hindu setempat sebagai perwujudan rasa indah dalam memuja Hyang Widhi dan para arwah leluhur. Konsepsi Weda, tantrayana yang berasal dan India serta alam pikiran lokal sebagai budava ash Indonesia, ketiganya terpadu dan luluh secara harmonis menjadi satu yang diwujudkan dalam bentuk-bentuk banten sekarang. Itulah sebabnya banten di Bali memancarkan nilai keindahan penuh makna simbolis dan sangat unik. Sistem seperti itu meresapi pula kehidupan sosial budaya dan agama Hindu di Bali sehingga menciptakan suatu tatanan kehidupan masyarakat umat Hindu yang mencakup tata kemasyarakatan dan tata keagamaan.
Ketika banten disusun
sedemikian rupa menjadilah ia sebuah candi banten, sekaligus sebagai
sebuah persembahan. Candi banten adalah tempat mensthanakan Tuhan Yang
Maha Suci, sehingga banten benar-benar dijaga kesuciannya. Bahan-bahan
terpilih tidak saja bersih tapi juga suci atau sukia. Demikian juga
halnya dengan proses pembuatannya. Umat Hindu khususnya kalangan wanita
mempraktekkan ajaran yoga dengan pemusatan pikiran dalam membuat banten.
Jadi banten dibuat tidak saja dengan proses kreatif tetapi juga dengan
proses yoga dengan mengutamakan nilai-nilai kesucian. Ada pernusatan
pikiran disini, dengan menggerakkan jan- jemani bagaikan sedang berjapa.
Seperti itulah para tukang banten dan para wiku tapini melakukan
aktifitas penuh makna kesucian, membuat banten dalam posisi bajra asana
atau padma asana memusatkan pikiran kepada Sang Pencipta.
Man kita
berusaha mewujudkan bhakti yoga marga dan karma yoga marga sekaligus
dengan jnana yoga marga dan raja yoga marga dalarn proses membuat
banten, dalam suasana yang hening, heneng dan suci. Semoga dengan
demikian Ida Hyang Widhi rang Maha Suci menganugrahi kita kesucian
pikiran dan kerahayuan dalam hidup ini (Diah). •
[WHD No 534 Juni 2011]
0 komentar:
Posting Komentar
Terimakasih Atas Kunjungannya, Kami berharap Saudara meninggalkan sedikit kata Untuk Kemajuan Blog ini. Ini semua Untuk Bali, mari bersama Menjaga dan melestarikan Bali yang senantiasa indah dan Damai.